SAMARINDA, - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi dan 14 Kabupaten dan Kota se-Kaltim kembali akan merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2009 ini. Berdasarkan persetujuan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negera (Menegpan) RI, kuota keseluruhan CPNS se-Kaltim yang akan direkrut berjumlah 8.664 orang.
Terdiri dari CPNS pada formasi umum berjumlah 4.585 orang, yaitu untuk guru 1.674 orang, tenaga kesehatan 1.561 orang dan tenaga dibidang teknis berjumlah 1.350 orang. Sementara selebihnya adalah formasi pengangkatan Sekretaris Desa (Sekdes) berjumlah 118 orang dan pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT) sebanyak 3.961 orang.

"Jadi pada tahun 2009 ini sedikit bertambah kuota yang kita terima dari Pusat. Misalnya untuk Pemprov saja khususnya pada formasi umum, tahun sebelumnya hanya 205 orang, maka tahun 2009 ini, kita di Provinsi mendapat 631 orang. Begitupula dengan 14 Kabupaten dan Kota lainnya se-Kaltim," kata Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Senin (27/7) dalam jumpa persnya bersama sejumlah wartawan di Kantor Gubernur.

Dikatakan Awang yang didampingi Plt Sekprov Sulaiman Gafur, Asisten I dan III Setprov, serta Kepala BKD Kaltim Kusmayadi, Pemprov bersama 14 Kabupaten dan Kota tetap komitmen mengacu kepada proses penerimaan yang mengedepankan rektruitmen yang netral, akuntabel dan transparan. Sehingga diharapkan CPNS yang diterima nantinya, adalah benar- benar PNS yang profesional dan berkompeten sesuai dengan dibidangnya.


"Kita komitmen tidak akan ada proses diskriminasi, tidak ada biaya dalam penerimaan alias gratis, dan kita juga bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri sehingga khususnya bahan ujian yang akan diujikan benar-benar dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya," ujarnya.

Menurut rencana, lanjut Awang, proses penerimaan akan dilaksanakan September mendatang. Namun tanggal dimulainya belum bisa dipastikan, sebab masih akan dikoordinasikan dengan jadwal dua daerah lainnya yang akan bersamaan melaksanakan ujian CPNS, yakni Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Jadi sama seperti tahun sebelumnya, kita melaksanakan penerimaan dan ujiannya bersamaan dengan Kalsel dan Kalteng. Ini kenapa? Untuk menghindari ada pelamar CPNS yang dobel, sehingga data base tertata dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKD Kaltim Kusmayadi mengatakan, pada formasi tenaga honor atau PTT memang ditargetkan akan habis di tahun 2009 ini, namun karena masih ada kendala teknis, sehingga masih akan ada tersisa. Misal PTT Provinsi saat ini adalah berjumlah 460 orang, namun disetujui oleh Pusat hanya 440 orang, karena itu masih akan tersisa 20 orang PTT lagi.

"Tapi ditargetkan PTT Provinsi itu akan habis di 2010 nanti. Dan barangkali sejumlah daerah yang masih ada tenaga PTT-nya, akan dihabiskan di 2010 nanti," tambahnya. (aid)

351 Honorer Diangkat

BAGIAN Kepegawaian Pemkot Samarinda mengungkapkan, jika saat ini masih terdapat sebanyak 351 orang tenaga honorer. Alhasil, semua tenaga honorer yang tersisa ini akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk perekrutan tahun 2009. Menurut Kepala Kepegawaian Sekretariat Daerah Samarinda, Suryawan Atmadja, tahun ini adalah tahap terakhir dilakukan pengangkatan untuk tenaga honorer di lingkungan Pemkot Samarinda menjadi PNS.

"Karenanya tidak akan ada lagi penerimaan untuk tenaga honorer sesuai PP 48, jika ingin menjadi PNS bisa ikut untuk formasi umum," ujarnya, saat ditemui, Senin (27/7). Menurut Suryawan, tahun ini Pemkot Samarinda membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk formasi umum sebanyak 267 orang.

Penerimaan CPNS yang akan diumumkan sekitar September ini terbagi untuk formasi guru sebanyak 123 orang, tenaga kesehatan 77 orang dan tenaga teknik sebanyak 67 orang. Sehingga total PNS yang akan diangkat untuk wilayah Samarinda sebanyak 618 orang.

"Sehingga murni bagi yang ingin menjadi PNS harus melelui tes, karena tenaga honorer sudah kita angkat secara bertahap dan tahun ini adalah tahap terakhir pengangkatan untuk wilayah Samarinda," imbuh Suryawan. (sis/top)

Formasi CPNS se-Kaltim 2009:
1. Umum: 4.585 Orang
- Guru: 1.674 orang
- Tenaga kesehatan: 1.561 orang
- Tenaga teknis: 1.350 orang
2. Tenaga Honor/PTT: 3.961 orang
3. Sekretaris Desa (Sekdes): 118 orang
Total: 8.664 orang.
Sumber: BKD Kaltim. (aid)

0 comments